• Selamat siang dok, maaf saya mau tanya. Usia kehamilan saya saat ini memasuki usia 7 Minggu. Tiga hari yang lalu sampai sekarang saya mengalami flek di pagi hari. Flek tersebut berwarna coklat muda. Namun flek tersebut hanya keluar setiap pagi. Pada saat menjelang siang fleknya sudah tidak keluar lagi.  Saya sudah di USG. Dokter bilang karena ari-ari bayi berada di bawah sehingga saya flek. Dokter menyarankan saya untuk bed rest dan memberi obat penguat kandungan. Maaf dok yang mau saya tanya kan kira-kira flek yang saya alami berbahaya atau tidak? Karena hanya keluar di pagi hari saja. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Fek kecoklatan bisa dialami oleh beberapa wanita, baik dalam keadaan hamil maupun tidak. Pada anda yang sedang hamil ada beberapa kemungkinan penyebab keluarnya flek kecoklatan selama kehamilan yakni karena:

    1. Hormon yang tak stabil
    2. Karena proses implantasi janin ke rahim ibu. Namun biasanya flek hanya berlangsung selama beberapa jam hingga 2 hari saja. Flek juga sangat sedikit sekali
    3. Akibat melakukan “hubungan” saat hamil
    4. Akibat plasenta perevia. Biasanya terjadi setelah kehamilan 20 minggu
    5. Karena keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus. Jika keluhan yang muncul berupa flek maka kemungkinan tahapan abortus yang terjadi adalah abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.

    Untuk mengetahui apakah kondisi anda berbahaya atau tidak maka harus dipastikan dengan pemeriksaan langsung. Dalam forum ini saya tidak bisa memastikannya sebelum dilakukan sendiri pemeriksaan yang dibutuhkan. Silakan anda konsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda.

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Berbahaya Flek di Usia Kehamilan 6-7 Minggu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.