• Assalamualaikum dok.

    Saya mau bertanya,dok saya punya seorang anak berusia 7tahun.

    Anak saya memiliki masalah kotoran telinga yang mengeras dan menutup lubang telinganya.

    Saya selalu memiliki masalah Setiap saya ingin membersihkan kotoran telinganya yg keras.

    Pertanyaan saya kalau saya pakai forumen apakah aman untuk anak saya?

    Dan sebaiknya berapa tetes untuk pemakaian pada anak saya?

    Trimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang penggunaan forumen untuk kotoran telinga. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kotoran telingan atau serumen merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk menghalau benda asing yang masuk ke dalam telinga. Serumen berfungsi untuk menjaga agar serangga, debu dan kotoran lainnya tidak bisa masuk dengan mudah ke liang telinga yang lebih dalam. Namun terkadang serumen yang terlalu banyak dan menumpuk serta menyumbat liang telinga dapat menimbulkan beberapa keluhan mulai dari rasa gatal, bau tak sedap hingga menurunnya pendengaran.

    Penggunaan forumen atau obat tetes telinga yang berfungsi untuk membantu mengeluarkan kotoran sebenarnya boleh – boleh saja namun harus dipastikan tidak adanya infeksi telinga bagian dalam yang terjadi.  Sehari bisa dilakukan 3 kali sebanyak 2 hingga 3 tetes per kali penetesan. Pemberian forumen juga sebaiknya tidak lebih dari 2 malam saja. Jika keluhan tidak membaik sebaiknya segera periksakan diri ke dokter THT.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Forumen untuk Kotoran Telinga Anak yang Mengeras

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.