• Sore Dok.. Saya mau tanya beberapa hal sehubungan kondisi post op pemasangan Penn fraktur tibia dan fibula kaki saya yang sampai saat ini sudah 10 minggu (belum adanya kalus):

    1. Apa sudah boleh dilakukan tindakan fisioterapi? Apa saja jenis fisioterapinya?
    2. Anjuran medisnya sebaiknya dilakukan berapa kali?
    3. Apakah boleh saya konsumsi obat yang mengandung kalsium lebih dari 1000mg dalam sehari?
    4. Sudah bolehkah saya mengendarai mobil dengan trasmisi manual?

    Termakasih Dok..

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi anda dan pengobatan yang bisa dilakukan pasca operasi patah tulang perlu dilakukan pemeriksaan secara detail. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Lokasi patahan, jenis patahan, dan lain sebagainya sangat mempengaruhi waktu penyembuhan patah tulang.

    Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki fungsi gerak dari alat gerak yang patah. Tindakan fisioterapi juga bisa dilakukan namun ada baiknya tindakan fisioterapi dilakukan oleh dokter spesialis rehabilitasi medik. Jenis fisioterapi yang perlu dilakukan, berapa lama waktunya dan lain sebagainya baru bisa ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan. Oleh karena itu alangkah baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda karena tentu beliau yang lebih tahu sejauh apa kondisi anda berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang yang telah dilakukan.

    Pemberian kalsium sebenarnya sudah ada aturannya yang dibutuhkan dalam sehari berapa banyak. Tidak baik diberikan dalam jumlah berlebihan karena bukan hanya tidak ada manfaatnya namun malah bisa memberikan efek yang tidak diharapkan bagi tubuh.

    Untuk mengendarai mobil manual sebaiknya tidak dilakukan selama belum ada penyembuhan yang total dari kondisi kaki anda karena selain menimbulkan efek tidak baik bagi proses penyembuhan namun juga bisa membahayakan bagi pengendara lainnya.

    Latihan Gerak Setelah Patah Tulang, Bagaimana Caranya?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Seputar Fraktur Tibia dan Fibula

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.