• selamat Malam Dok,

    sudah 3 minggu saya mengalami fraktur. Dalam diagnosis terdapat fraktur didaerah 1/3 proximal os fibula dengan kedudukan fragmen2 fraktur masih baik. OS tibia kiri normal.

    Yang ingin saya tanyakan :

    1. Kenapa rasa linu masih sering dan apa obat yang bagus untuk penyembuhan ini. Skrng saya minum oscar castirol.

    2. Kenapa ada pembengkakan dikaki apakah akibat sering di balut?

    Mohon pencerahan nya dok, terima kasih

    salam

    jun

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Patah tulang merupakan keadaan dimana terputusnya kontinuitas tulang. Proses penyembuhan patah tulang membutuhkan waktu yang berbeda – beda tergantung lokasi tulang, tingkat keparahan, dan lain sebagainya. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan tindakan apa yang sudah diberikan pada anda untuk mengatasi patah tulang fibula tersebut.

    Pada patah tulang yang mengalami gangguan bukan hanya tulang saja, namun otot dan jaringan lunak kulit lainnya juga akan mengalami kerusakan. Sehingga tidak heran jika pasti pasien akna mengeluh nyeri dan bengkak pada bagian tubuh yang patah. Pada kasus anda keluhan nyeri dan bengkak masih terjadi karena memang proses penyembuhan yang belum sampai tahap sempurna.

    Pengobatan yang diberikan untuk mengatasi nyeri bisa dengan obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, ibuprofen dan lain sebagainya. Namun tidak untuk konsumsi jangka panjang. Selain itu, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak antara lain :

    1. Melakukan pengompresan dengan air dingin atau es pada area yang bengkak untuk mengurangi inflamasi atau peradangan dan bengkak yang muncul.
    2. Istirahatkan bagian tubuh yang bengkak dan jangan melakukan aktivitas berat atau terlalu memforsir bagian tubuh tersebut dalam melakukan aktivitas.
    3. Jika bengkak belum berkurang dengan cara – cara di atas, maka dapat digunakan obat anti inflamasi yang berperan untuk mengurangi bengkak/ inflamasi dan nyeri yang muncul.

    Namun sebenarnya ada baiknya jika anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi anda ke dokter yang menangani anda sebelumnya untuk memastikan bahwa bengkak yang terjadi bukan karena sebab yang lebih serius lainnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Bengkak Sesudah Operasi Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Selamat malam Dr.Dina,

    terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya.

    sesuai pertanyaan diatas, bahwa tindakan yang saya lakukan selain pengobatan dengan menggunakan obat tulang ( vitamin tulang ) yg diberikan oleh dokter ortopedi dan saya juga melakukan pengurutan tradisional. Tetapi untuk saat ini saya stop untuk pengurutan dan perban yg di leg dan caft saya lepas sehingga kaki saya sudah mulai hilang pembekakannya. Apakah bahaya buat penyambungan tulang saya bila perban saya lepas.

    please advice dok…thanks

     

     

    best regards

    jun

    Saya tidak bisa menyimpulkan tindakan melepas perban yang anda lakukan berbahaya atau tidak karena saya tidak memeriksa sendiri kondisi klinis anda saat ini.

    Namun pada prinsipnya segala yang anda kerjakan pada luka anda sebaiknya atas izin dokter yang merawat anda. Karena tindakan yang dilakukan pasien tanpa saran dan pengawasan dokter berisiko untuk menimbulkan keluhan baru. Akan tetapi sebenarnya jika luka telah sembuh dan tulang juga sudah menyatu, maka tindakan pelepasan perban tersebut aman dilakukan.

    Dear Dr.Dina,

     

    Terima kasih atas saran yg diberikan.

     

    salam

    jun

Beranda Tanya Dokter Fraktur 1/3 Proximal Os Fibula

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.