• kresna kurniawan

    Saya mengalami patah tulang lengan kiri, sudah 4 minggu ini saya berlatih menggerakan tangan kembali dengan keadaan di pen, syaraf sempat terjepit dan tercedera oleh patahan tulang , jahitan sudah mengering tangan sudah bisa di tekuk, lurus genggam, jempol . Tetapi ada beberapa yang masih belum saya tau.

    1. Apakah wajar kulit di lengan di area pen seperti perih tetapi tidak luka, dan kadang seperti mati rasa?

    2. Sampai kapan saya tidak boleh, menumpu, mengangkat, di tindih? apa harus menunggu 12 minggu sampai kalus keras terbentuk

    3. Apakah mencengkram boleh? seperti membuka botol yang baru kan harus mencengkram dengan kuat, karena masih lemas untuk genggaman/ cengkrama nya,

    4. Makanan apa yang disarankan mempercepat selain susu, vitamin tulang dan multi vitamin?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang dan penyembuhannya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga tatalaksana awal yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur.

    Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya.

    1. Melihat riwayat cedera yang anda alami telah melibatkan persarafan maka lazim terjadi keluhan – keluhan seperti yang anda alami saat ini. Jika saraf bisa pulih sempurna maka keluhan akan menghilang namun jika masih terganggu maka keluhan baal, dan lain sebagainya masih akan kerap anda alami.
    2. Latihan gerak patah tulang tidak boleh dipaksakan. Sebaiknya memang menunggu kalus terbentuk baru mulai melakukan latihan gerak secara lebih progresif.
    3. Sekali lagi pada prinsipnya tiap gerakan tidak boleh dipaksakan karena dapat membuat luka yang akan sembuh menjadi trauma kembali.
    4. Makanan yang mengandung banyak kalsium dan protein disarankan untuk mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak seperti susu, telur, ikan dan lain sebagainya selama tidak ada alergi.

    Berikut adalah beberapa latihan gerak pada pasien patah tulang:

    • Latihan menggerakkan lengan secara pasif : misal gerakkan lengan ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga lengan yang sakit tidak bergerak sendiri. Jadi tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot pada lengan yang sakit. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.
    • Latihan menggerakkan lengan secara aktif : gerakan dilakukan oleh anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal lengan bisa digerakkan.
    • Latihan melawan tahanan : lengan berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan tenaga dari luar.
    • Latihan gerak fungsional: lengan mulai dipersiapkan untuk melakukan gerak/aktivitas seperti biasa misal menggenggam, mengangkat dan lain sebagainya. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Berapa Lama Penyembuhan Patah Tulang Lengan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.