• Dok akhir akhir ini siklus BAB saya tidak teratur. Biasanya saya BAB 3 kali sehari sekarang jadi 1 hari sekali dok. Kotoran saya bewarna kuning dan ada sedikit hitam. Selama BAB seperti kurang tuntas dok, apa yang terjadi dengan perut saya dok? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Frekuensi BAB normal dalam satu hari adalah 1 sampai 3 kali. Oleh karena itu sebenarnya frekuensi BAB yang anda alami sebenarnya termasuk normal. Untuk warna BAB sendiri biasanya berwarna kuning kecoklatan. Hal ini biasanya juga tergantung dari jenis makanan yang kita konsumsi. Jika BAB berwarna hitam maka harus dipastikan apakah tidak ada darah yang tercampur dalam BAB tersebut. BAB berwarna hitam juga bisa terjadi karena makanan dan asupan cairan yang kita konsumsi, sembelit, pengaruh obat yang dikonsumsi dan lain sebagainya.

    Salah satu penyebab keluhan sembelit adalah karena:

    • Kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon.
    • Kurangnya asupan cairan.
    • Makanan yang kurang mengandung serat.
    • Asupan makan yang kurang
    • Aktivitas fisik sedikit.
    • Kebiasaan minum obat pencahar yang berlebihan malah akan mengganggu peristaltik usus.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat seperti sayur dan buah – buahan (misal pepaya, dll), perbanyak konsumsi air putih, dan perbanyak olahraga. Jika anda merasa tak nyaman dengan keluhan anda maka sebaiknya dilakukan keluhan berlanjut silakan konsultasi ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang tepat sesuai kondisi anda saat ini.

    Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Siklus BAB Tidak Teratur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.