• Dok saya mau tanya…

    Kedua telinga saya selalu berdenging setiap saat tanpa berhenti dan sesekali terdengar detak jantung sangat keras,jadi kalau mendengar orang bicara ngga jelas. kalau saya bicara serasa kencang sekali apalagi kalau lagi makan dan ada yg bicara saya tidak bisa dengar dok.

    Saya sudah periksa 2 tempat dan dokternya bilang itu karena amandel saya yg besar.padahal saya merasa amandel saya memang sudah lama besar.dan terakhir saya di kasih obat batuk,pilek sama antibiotik.saya sudah merasakan selama 1 bulan lebih tapi setelah berobat tidak kunjung sembuh..malah yang tadinya cuma telinga sebelah kanan sekarang jadi dua2nya.

    Saya bingung selama sebulan saya selalu di kasih antibiotik.apakah aman jika saya minum antibiotik terus menerus.lalu saya harus bagaimana dok.yg pertama saya berobat jg bilang gendang telinga saya pecah sedikit.terus yg kedua bilangnya telinga saya baik-baik saja.mohon penjelasan dan balasannya dok.terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tinitus atau disebut juga telinga berdenging memiliki banyak penyebab. Berikut akan disampaikan beberapa kemungkinan penyebab tinitus yaitu antara lain:

    1. Faktor usia tua terutama usia di atas 60 tahun
    2. Serumen atau kotoran yang menyebabkan liang telinga tersumbat
    3. Efek samping obat – obatan, misal antibiotik dan lain sebagainya
    4. Gangguan telinga akibat paparan bunyi yang sangat keras, misal bising di lingkungan kerja, akibat seringnya menggunakan headphone untuk mendengarkan lagu dengan volume keras, dll
    5. Tulang telinga tengah mengalami kekakuan (otosklesrosis)
    6. Penyakit meniere yang terjadi akibat tekanan cairan di telinga dalam yang abnormal
    7. Benturan atau trauma kepala dan leher yang mempengaruhi telinga dalam, saraf pendengaran dan bagian otak yang berkaitan dengan pendengaran.
    8. Tumor yang mempengaruhi saraf telinga, misal neuroma akustik
    9. Gangguan pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi, atherosklerosis (penyumbatan pembuluh darah jantung)
    10. Penyebab lain

    Perlu dilakukan pemeriksaan ulang jika memang keluhan anda tak membaik terutama ke dokter spesialis THT. Penegakan diagnosis yang tepat sangat mempengaruhi pilihan terapi. Membran timpani atau gendang telinga yang bolong misal karena infeksi telinga tengah juga bisa menjadi penyebab. Jika lubang di gendang telinga bukan pada daerah yang berbahaya maka sebenarnya bisa menutup kembali.

    Telinga Sering Berdenging

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gangguan Telinga Sering Berdenging

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.