• Dok, saya siswa sma berumur 18 tahun, tahun lalu saya periksa ke dokter mengenai kulit saya dan diberitahukan bahwa saya mengidap penyakit kusta, saya pun diberikan obat yang diminum dengan jangka waktu 1 tahun.

    Namun setelah saya sudah berhenti minum obat karena sudah 1 tahun, bercak merah di tubuh saya masih belum hilang, dan setelah 2 bulan kulit saya juga tidak mengalami perubahan, masih gatal dan mati rasa.

    Dan akhir-akhir ini saya merasa kulit saya menjadi merah terang dan bengkak, juga tambah gatal. Bagaimana dengan kendala saya ini dok, apakah memang tanda tanda kesembuhan atau kustanya belum sembuh, tolong konsultasi nya dok. Terimakasih….

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kusta atau morbus hansen. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Apalagi untuk penyakit morbus hansen atau kusta atau lepra.

    Penyakit  ini merupakan penyakit yang bisa menyerupai berbagai jenis penyakit kulit lainnya sehingga dijuluki sebagai the greatest imitator.

    Morbus hansen atau kusta bisa menyebabkan keluhan bercak putih atau pun bercak merah yang disertai keluhan rasa baal pada daerah tersebut.

    Pengobatan kusta memang cukup sulit karena obat harus diminum jangka panjang dengan teratur dan tidak boleh terputus. Karena dapat menyebabkan kegagalan pengobatan.

    Selain itu, meskipun obat sudah diminum teratur pun bisa saja penyakit belum hilang sepenuhnya. Sehingga ada baiknya pasien selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menghentikan pengobatannya.

    Pada kasus yang anda alami kemungkinan penyakit kusta yang anda alami belum sembuh sempurna karena satu dan lain hal atau bisa juga karena reaksi imunitas tubuh terhadap penyakit itu.

    Oleh karena itu untuk memastikan nya ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang ulang guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyakit Kusta (Lepra)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal dan Mati Rasa pada Kusta

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.