• Halo dok, saya ingin bertanya. Jadi baru beberapa hari ini saya mengalami gatal gatal di sekujur tubuh. Gatal berupa bentol merah yang jika di garuk dapat menyebar. Setelah saya minum obat gatal, gatal gatal pun hilang.

    Namun masih terdapat bekas ruam kemerahan di kaki walaupun sudah tidak gatal lagi. Bagaimana cara menghilangkan nya ya dok? Apakah ruam tersebut akan hilang dengan sendirinya? Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan biduran dan cara menghilangkan bekas nya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat.

    Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air atau pun bentol pada kulit.

    Salah satu penyebab gatal disertai bentol adalah biduran atau urtikaria. Urtikaria merupakan reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit biasanya terjadi akibat alergi misalnya alergi udara dingin, binatang, dsb. Setelah mengalami penyembuhan, biasanya pada beberapa pasien akan terlihat bekas ruamnya.

    Untuk menghilangkan bekas ruam dapat dilakukan beberapa cara mulai dari cara tradisional menggunakan minyak vitamin E, lidah buaya, coccoa butter hingga penggunaan krim dari dokter untuk menghilangkan bekas luka atau pun terapi laser.

    Untuk mendapatkan terapi dari dokter perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter. Penentuan terapi tergantung dari kondisi pasien.

    Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal Gatal di Sekujur Tubuh Disertai Ruam Kemerahan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.