• Rizky Pratama Aji

    Hallo dok saya mau nanya nih sebelumnya saya mau cerita dulu kan seminggu yang lalu saya memakai produk pembersih wajah skin egg atau masker wajah telur yang adik perempuan saya punya. Maskernya ber bentuk bubuk dan jika di kasih air bisa jadi masker wajah, tapi besoknya wajah saya jadi memerah dan gatal2 diwajah dan sekarang wajah saya banyak yang gatal2 dan memerah seperti alergi.

    Sudah seminggu lebih wajah saya gatel2 memerah di pipi banyak sekali dan jika kemana-mana tidak pede malah sekarang ada memerah dibawa bibir kanan dan kiri. Kalau boleh tau obat alami apa saja yang seharusnya saya pakai agar bisa cepet hilang gatal2 dan memerah diwajah dan bagaimana cara pemakaian obat2 nya? Apakah juga harus dateng ke dokter kulit atau tidak ya dok makasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bercak merah gatal pasca penggunaan masker. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik merah pada kulit yang terasa gatal.

    Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja.

    Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang.

    Berdasarkan riwayat penggunaan masker yang anda sampaikan sebelum munculnya keluhan maka kemungkinan besar penyebab keluhan yang anda alami memang karena alergi.

    Dermatitis alergi bisa terjadi karena banyak hal misalnya karena kosmetik, bahan pakaian tertentu, bulu binatang dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Jika karena alergi maka yang harus dilakukan adalah penghentian penggunaan bahan alergen. Kemudian dapat diberikan obat anti histamin untuk meredakan gatal. Pemberian krim mengandung steroid juga bisa diberikan untuk meredakan gejala namun krim steroid tidak untuk jangka panjang.

    Penyebab Alergi Kulit, Ciri-Ciri, dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal Gatal di Wajah dan Memerah Setelah Pakai Masker

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.