• saya mau tanya, dok. Saya mengalami gatal gatal membentuk lingkaran berwarna merah dan ada garis pembeda antara yang sakit dan kulit normal pada selangkangan saya, paha bahkan sampai bokong. Apa ini yang dinamakan kurap? Lalu apakah dengan menggunakan termisil cream bisa mengobati kondiai saya yang seperti ini? Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Daerah selangkangan merupakan area yang cukup sering mengalami keluhan gatal akibat letaknya yang tersembunyi dan berlipat sehingga membuat daerah ini mudah lembab dan berkeringat. Penyebabnya bisa karena beberapa hal. Salah satu yang paling sering adalah karena infeksi jamur. misalnya akibat tinea krurus ataupun candidiasis. Kedua infeksi jamur ini sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada daerah – daerah tertentu terutama pada daerah yang lembab dan tertutup seperti selangkangan. Selain karena infeksi jamur, faktor kontak dengan bahan tertentu juga sering mengakibatkan dermatitis alergi yang menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.

    Pada kasus yang anda alami dimana pada area selangkangan terdapat lingkaran merah dengan bagian tengah lebih menyembuh dan bagian pinggir lebih aktif (lebih merah) maka kemungkinan besar terjadi karena tinea kruris. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter mengingat banyaknya penyakit kulit dengan gambaran klinis yang hampir sama. Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya.

    Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal pada Selangkang Paha dan Bokong

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.