• Dok, saya ingin bertanya. Akhir-akhir ini saya merasa ada yang aneh dengan diri saya. Setiap kali selesai makan selalu gatal seperti ada semut yang berjalan di sekitaran kepala hingga punggung antara 1-2 menit. Setelah itu langsung berkeringat banyak lalu mengantuk. Selain itu, beberapa hari lalu saya juga sering kesemutan kepala, tangan, dan kaki sebelah kiri. Kira-kira itu kenapa ya dok? Ada yang salahkah?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, dan bisa mengenai seluruh bagian kulit mulai dari kulit kepala hingga kaki. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    3. Alergi misalnya terhadap makanan.
    4. Penyebab lainnya

    Begitu pula dengan penyebab kesemutan bisa karena adanya gangguan saraf misalnya akibat infeksi, kekurangan vitamin, komplikasi penyakit diabetes melitus, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya.

    Mengatasi Kulit Kepala Gatal dengan Tuntas

    Penyebab Kaki Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Gatal di Kepala Setelah Makan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.