• il

    assalamualaikum.nama saya il umur 40 tahun,saya ingin bertanya pada dokter,saya menderita gatal tenggorokan di sertai batuk,saya sudah minum obat batuk tidak berdahak,tapi gatalnya tidak kunjung membaik,saya ingin bertanya sakit apa ya dok saya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan batuk dan gatal tenggorokan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Batuk merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami. Biasanya sering disertai keluhan gatal pada tenggorokan. Penyebab keluhan ini antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    • Infeksi bakteri menjadi salah satu kemungkinan penyebab tersering.
    • ¬†Infeksi virus. Mikroorganisme ini bisa menyebabkan keluhan batuk, pilek hingga demam.
    • Dan lain sebagainya

    Rasa gatal dan batuk akan terus terjadi selama penyebab belum hilang. Jika infeksi masih terjadi maka keluhan akan berlanjut. Untuk mengurangi keluhan ada beberapa tips yang bisa dilakukan berupa meperbanyak konsumsi air (ASI) agar gatal berkurang dan dahak menjadi lebih encer, menghindari debu atau asap rokok yang dapat mengiritasi saluran napas, menjaga kelembaban udara dalam ruangan. Jika keluhan berlanjut ada baiknya diperiksakan langsung ke dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik

    Batuk Pada Bayi – Penyebab dan Cara Mengatasi


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal Tenggorokan di Sertai Batuk

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.