• Irsyad ali
    1. Selamat malam Dok, saya mau tanya saya merasakan Gatal,perih dan terdapat benjolan lembek di sekitar bibir anus beserta terdapat cairan nanah, apa yang sedang terjadi pada saya dok? Penyakit apakah ini?
    2. Sumber: Tanya Dokter – Mediskus

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan benjolan anus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan benjolan di anus bisa disebabkan karena banyak hal. Harus dipastikan benjolan yang muncul berupa massa padat atau dalam bentuk kista (kantong berongga bisa berisi cairan, udara, nanah atau bahan lain), atau dalam bentuk lainnya. Banyaknya kemungkinan penyebab membuat perlunya digali informasi secara lebih detail guna membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab mulai dari kapan benjolan muncul, faktor yang mencetuskan timbulnya keluhan, faktor yang meringankan atau memperberat keluhan, bentuk benjolan, ukuran, gejala penyerta dan lain sebagainya. Jenis kelamin pasien juga turut membantu menentukan kemungkinan penyebab. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskannya secara rinci.

    Sebagai informasi untuk nda, ada beberapa penyebab benjolan pada anus yaitu antara lain:

    1. Tumor pada jaringan lunak kulit mulai dari fibroma dan lain sebagainya.
    2. Infeksi pada jaringan lunak kulit, misalnya abses (bisul)
    3. Gangguan pada kelenjar getah bening baik karena infeksi ataupun tumor KGB.
    4. Dan lain sebagainya

    Penanganan yang diberikan berbeda tergantung diagnosis penyebab oleh karena itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Cara Mengobati Bisul dengan Benar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal,perih dan Terdapat Benjolan di Sekitar Bibir Anus Beserta Terdapat Cairan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.