• Selamat malam. Saya pria usia 44 tahun. Dua bulan lalu saya mengalami kecelakaan berakibat robek dekat telapak kaki dan fraktur os cuboideum dekstra. Luka dijahit dan sekarang sudah membaik. Pertanyaan saya apakah boleh terapi renang gaya bebas untuk fraktur tersebut diatas? Sementara sekarang saya berjalan masih gunakan tongkat. Dan apakah boleh menyetir mobil? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pada prinsipnya ada beberapa latihan gerak yang dapat dilakukan pasien dengan patah tulang sebelum beraktivitas normal seperti biasanya. Hal ini perlu dilakukan agar gerakan yang dilakukan tidak malah menimbulkan masalah atau membuat cidera lambat untuk sembuh. Berikut adalah beberapa latihan gerak pada pasien patah tulang:

    • Latihan menggerakkan kaki secara pasif : misal gerakkan kaki ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga kaki yang sakit tidak bergerak sendiri. Jadi tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot pada kaki yang sakit. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.
    • Latihan menggerakkan kaki secara aktif : gerakan dilakukan oleh anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal kaki bisa digerakkan.
    • Latihan melawan tahanan : kaki berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan tenaga dari luar.
    • Latihan gerak fungsional: kaki mulai dipersiapkan untuk melakukan gerak/aktivitas seperti biasa misal berdiri, berjalan. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

    Pada kasus anda saya tidak bisa menentukan apakah boleh melakukan aktivitas renang gaya bebas atau melakukan aktivitas menyetir mobil seperti yang anda tanyakan. Karena harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk memastikan kesanggupan alat gerak anda untuk melakukan aktivitas tersebut. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda selama ini karena tentu beliau yang lebih tahu berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap anda.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Terapi Renang Gaya Bebas Fraktur Os Cuboideum Dekstra, Bolehkah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.