• Begini dok, kan beberapa hari terakhir saya kebanyakan duduk, terus sekarang saya kalo duduk agak gaK nyaman gitu.. takutnya saya kena ambeien, pas saya bab juga di anus saya kaya ada benjolan kecil gitu tapi gak keluar darah.. kira2 saya bisa mencegah nya biar gak parah gak dok?

    terus hal apa yang harus saya lakukan supaya benjolan nya ga ada lagi?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hemorrhoid atau ambeien merupakan penyakit yang muncul akibat pelebaran pembuluh darah rektum dan anus. Penyakit ini memiliki beberapa gejala tergantung derajat penyakitnya. Derajat 1 ditandai dengan keluhan BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri. Namun tidak semua mengalami keluhan ini, atau seandainya mengalami kadang ada pasien yang tak menyadari keluhan tersebut. Derajat 2 ditandai dengan keluarnya benjolan pada lubang anus yang bisa keluar masuk dengan spontan tanpa bantuan. Derajat 3 ditandai dengan keluarnya benjolan dari anus yang tidak bisa masuk dengan spontan namun harus dibantu dimasukkan dengan jari tangan. Derajat 4 adalah derajat terakhir dimana benjolan tidak bisa masuk meskipun sudah dibantu.

    Penyebab hemorhoid atau ambeien beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kebiasaan duduk terlalu lama misalnya pada individu dengan pekerjaan sebagai sopir, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi ambeien ada beberapa cara. Pada derajat 1 dan 2 masih bisa dengan obat – obatan antihemorhoid. Namun pada derajat 3 dan 4 harus dilakukan tindakan operatif. Selain itu, pasien juga harus menghindari faktor – faktor risiko hemorhoid seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

    Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Duduk Tak Nyaman, Gejala Ambeien?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.