• Permisi dok saya mau tanya, saya hampir 2 minggu ini sering merasakan mual, perut enggak enak, pusing, nafas ngos”an, emosi naik turun, dan keringat dingin, kenapa ya dok kira kira? Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan mual, pusing dan keringat dingin. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan mual – mual dan pusing sering dialami oleh beberapa individu. Sebenarnya banyak penyebab keluhan ini sehingga perlu digali bagaimana karakteristik keluhan tersebut seperti sejak kapan keluhan dirasakan, faktor yang mencetuskan timbulnya keluhan, faktor yang meringankan dan memperberat keluhan hingga gejala yang menyertainya.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan mual, pusing dan keringat dingin seperti yang anda alami yaitu:

    • Dispepsia atau gangguan lambung yang muncul akibat asam lambung yang meningkat. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga disertai keluhan pusing, keluar keringat dingin dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.
    • Penyakit infeksi pada saluran cerna juga bisa menyebabkan keluhan mual, pusing, keringat dingin dan lain sebagainya. Penyebab infeksi bisa karena berbagai jenis mikroorganisme.
    • Faktor psikosomatis misalnya karena gangguan pikiran, stress berlebihan juga bisa menyebabkan keluhan yang sama. Sebenarnya secara fisik tidak ditemukan gangguan pada organ tubuh, namun pasien tetap merasakan keluhan subjektif tersebut yang diakibatkan masalah pada pikirannya.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Penyebab Mual Muntah dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pusing, Emosi Naik, dan Keringat Dingin, Gejala Apa Ya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.