• Nelvi

    Assalamualaikum dok

    Saya mau tanya apakah jika darah pasien yang positif HIV jika tumpah dan mengenai jari kita yang tidak menggunakan handscoon akan langsung tertular?? Sementara dijari tidak ada luka

    Dan bagaimana jika dijari ternyata ada luka kecil apakah bisa terjadi infeksi virus HIV dari pasien yang positif HIV

    apakah kalau tertular langsung bisa dideteksi secara langsung atau bagaimana

    bagaimana cara mengatasi nya agar tidak benar benar tertular

    Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan HIV. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    HIV atau Human Immunodefiency Virus merupakan virus penyebab terjadinya HIV-AIDS dimana pasien akan mengalami penurunan sistem imun tubuh sehingga mudah terserang banyak penyakit lainnya secara sekaligus. Penularan HIV melalui cairan tubuh baik kontak darah maupun hubungan seksual. Jika di jari seseorang ada luka sekecil apapun kemudian terkena darah penderita HIV maka orang tersebut dapat tertular. Jika seseorang tidak menggunakan handscoon kemudian terkena darah penderita HIV maka kemungkinan penularan akan meningkat meskipun pada saat itu tidak terasa ada luka di jari. Oleh karena itu wajib untuk menggunakan handscoon dan alat pelindung diri lainnya jika ada proses kerja yang berisiko untuk kontak dengan pasien HIV. Untuk mengetahui seseorang terinfeksi atau tidak dengan HIV maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium misalnya dengan pemeriksaan serologi.

    HIV – AIDS terdiri dari beberapa tahapan. Awalnya setelah terinfeksi, pasien akan mengalami beberapa keluhan yang ringan yang menyerupai gejala flu biasa seperti demam, badan pegal – pegal, sakit kepala, nyeri otot dan lainnya. Keluhan ini muncul selama beberapa minggu dan kemudian menghilang sendiri. Lalu pasien masuk ke dalam fase laten dimana pasien tidak mengalami gejala apapun. Jika pasien HIV positif ini tidak mendapatkan terapi maka dalam beberapa tahun sistem imunnya akan semakin menurun sehingga muncullah banyak gejala penyakit lainnya. Pasien mudah terserang infeksi seperti TBC hingga penyakit kanker.

    Pengobatan HIV adalah dengan terapi anti retro viral (ARV). Jika diberikan pada tahap awal, pengobatan ini sangat baik untuk mengendalikan virus yang bersarang. Obat ini memang tidak dapat membunuh semua virus namun obat ini cukup efektif untuk menekan pertumbuhan virus sehingga pasien dapat bertahan hidup dalam jangka lama sekaligus menekan kemungkinan penularan.

    Gejala dan Ciri-ciri Terkena HIV AIDS Tahap Awal Sampai Lanjut

    Bisakah Obat HIV AIDS Menyembuhkan?

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gejala Awal Tertular HIV dari Cairan Darah yang Tumpah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.