• Selamat malam dok.

    2 hari lalu saya ke dokter THT, telinga kiri saya diteteskan semacam cairan lalu disedot kotorannya. Sewaktu telinga kanan saya diteteskan obat, telinga saya seperti melepuh, nyeri, terbakar. Ternyata gendang telinga saya pecah. Lalu Dokter hanya memberi obat sakit kepala.

    Saya takut dok, besoknya telinga saya mengeluarkan cairan bening kekuningan. Apakah telinga saya bisa sembuh?trima kasih dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar cairan dari telinga bisa terjadi karena beberapa hal, yang paling sering adalah karena infeksi. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan karakteristik keluhan anda secara lebih detail misalnya adakah keluhan nyeri telinga, penurunan pendengaran, demam dan lain sebagainya. Infeksi telinga bisa terjadi pada telinga luar, tengah hingga dalam. Infeksi telinga luar (otitis eksterna) dan infeksi telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi. Gejala yang muncul hampir mirip yakni nyeri telinga, keluar cairan dari telinga., pendengaran berkurang, gatal pada telinga, liang telinga kemerahan (eritema), bengkak (edema), dan kadang disertai demam dan sakit kepala .
    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan ulang oleh dokter spesialis THT.  Penegakan diagnosis yang tepat sangat mempengaruhi pilihan terapi. Pengobatan yang diberikan pada infeksi telinga antara lain antibiotik baik obat minum maupun berupa tetes telinga jika penyebabnya kerena infeksi bakteri. Namun jika karena jamur maka dapat diberikan antijamur. Bisa juga diberikan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol untuk penghilang nyeri dan obat lainnya.
    Silakan baca artikel berikut ini:

    Fungsi Gendang Telinga yang Mengagumkan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gendang Telinga Robek, Mengeluarkan Cairan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.