• maaf dok, sebenarnya gerakan2 yoga ada yang membahayakan keperawanan apa tidak? dan mengenai yoga kegel/olahraga kegel yg dilakukan oleh perempuan yg belum nikah bagaimana menurut dokter? terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Senam kegel merupakan salah satu olahraga yang gerakannya ditujukan untuk mengencangkan otot bagian bawah panggul. Fungsi olahraga ini adalah untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, vesika urinaria (kandung kemih), dan juga usus. Olahraga ini aman bagi wanita baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah. Bagi wanita yang sudah menikah, olahraga ini bisa membantu mengencangkan kembali otot di sekitar miss V yang mulai kendur akibat faktor usia maupun pasca persalinan . Olahraga ini juga bisa membantu mencegah keluhan sering bolak balik kencing akibat tekanan pada panggul.

    Seperti halnya senam kegel, begitu pula dengan olahraga yoga. Olahraga ini tidak membahayakan keperawanan dan sebenarnya tidak ada kaitannya sama sekali. Jadi sebenarnya anda tak perlu terlalu khawatir melakukannya asalkan dipandu oleh instruktur yang ahli.

    Olahraga baik bagi kesehatan. Olahraga sebaiknya dilakukan 3 hingga 4 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 hingga 45 menit. Prinsipnya olahraga tidak boleh berlebihan dan harus disesuaikan dengan usia dan kondisi medis pasien.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    14 Manfaat Berenang yang Melebihi Jenis Olahraga Lain

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gerakan Yoga dan Kegel Membahayakan Keperawanan Apa Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.