• Adil alfala amran

    Usia sy 41 tahun pria. Tgl 4/4/2018 gigi 7 saya terasa ngilu & berdenyut. Ternyata tambalan lama lepas & ada celah di mahkota gigi sebelah dalam. Doktor bilang: ” gigi harus dicabut “. Saya tanyakan: apa nggak bisa dibongkar dulu terus ditambal ulang, Dok ? Mohon pencerahan, terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gigi berlubang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Jika terjadi infeksi pada gigi dan gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan.

    Pengobatan gigi berlubang tergantung dari seberapa berat kerusakan dan kondisi jaringan sekitar. Pengobatan mulai dari tindakan penambalan hingga tindakan pencabutan. Yang mengetahui terapi terbaik bagi anda tentu dokter yang memeriksa. Pada prinsipnya jika lubang gigi sudah sangat luas dan tidak bisa ditambal lagi maka dokter pasti akan menyarankan tindakan pencabutan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gigi 7 Berlubang, Sebaiknya Dicabut Apa Ditambal?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.