• friscatobing

    Malam dok saya ingin bertanya soal gigi geraham saya yang berluBang dan dilubangnya itu sudah nongol gusi (yang dari hasil searching saya mungkin pulpa)..

    saya kontrol k dokter gigi umum hari senin kemarin dan disarankan untuk melakukan oencabutan giginya yang katanya harus d lakukan sama dokter s. prost (maaf kalau salah nulis gelarnya) ..saya ok kan dan dilakukanlah pencabutan gigi keesokan harinya dengan si dokter S. prost tersebut.

    Pas pencabutan selama 2jam, katanya susah mencabutnya dan setelah itu dokternya bilang kembali lagi mggu depan karena ada gigi atau akarnya yang blum terangkat semua. .(saya kurang fokus dengar karna sudah kesakitan dan bete lama). ..

    saya pulanglah kerumah. .besok harinya terasa nyut nyut dibagian yang habis dicabut. Besoknya lagi begitu juga sampai demgan hari ini (ya sudah 3 harilah ngalami nyeri2nya). saya cuma minum obat cataflam (kalau ga salah namanya)..hilang sejenak nyerinya. .mungkin karna obat. .habis efek obat, kembali lagi merasakan nikmatnya nyeri itu..

    yang jadi permasalahan saya,  Kenapa giginya jadi nyeri2 setelah dicabut?? padahal sebelumnya saya tdak pernah merasakan sakit gigi walaupun gigi berlubang. Eh malah sudah mau dibenerin jadi sakit. Itu karena apa ya dok??

    saya mohon penjelasan, saran dan obatnya? ?

    dan setelah pencabutan ini pasti gigi saya tdak adalagi..apa yang harus saya lakukan dok apakah penggunaan behel atau gigi palsu ya?? trimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri gigi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Nyeri pada gigi pasca pencabutan seperti yang anda alami bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari efek karena belum semua bagian gigi yang berhasil dicabut sehingga masih kurang bersih, pembengkakan pada gusi pasca tindakan pencabutan hingga karena terjadinya infeksi baik pada gigi maupun gusi.

    Jika terjadi infeksi pada gigi dan gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan. Namun untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter gigi untuk memastikan sumber permasalahnnya dan menentukan terapi terbaik sehingga keluhan tidak berulang lagi. Ada baiknya anda konsultasi kembali dengan dokter anda seperti anjuran sebelumnya karena masih adanya sisa gigi (akar gigi) yang tertinggal. Perlu dilakukan tindakan pencabutan akar gigi agar tidak ada infeksi yang terjadi.

    Gigi tetap yang sudah dicabut sebaiknya ditanami dengan gigi palsu untuk menghindari terjadinya pergeseran gigi. Namun hal ini tergantung dari hasil pemeriksaan dokter gigi anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gigi Berlubang dan Ada Gusi yang Nongol di Tengahnya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.