• Supri

    Dok kenapa gigi saya yang berlubang bagian bawah jika terkena gigi bagian atas nyilu ya dok apa penyebabnya dok ? Dan bagaimana cara mengatasinya dok saya susah minum obat cuma tidak kunjung sembuh dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri gigi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gigi yang terasa linu artinya sudah mulai ada pengeroposan pada gigi sehingga menimbulkan iritasi pada saraf dalam gigi. Ini merupakan tahap awal dari gigi berlubang. Jika dibiarkan terus menerus gigi yang linu tersebut akan membentuk lubang lebih dalam. Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Untuk mendapatkan penanganan pada gigi anda perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi guna menentukan sejauh mana kerusakan terjadi. Penatalaksanaan tergantung luas dan tahapan kerusakan gigi. Tidak bisa hanya dengan obat penghilang nyeri saja. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter gigi di tempat anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gigi Berlubang dan Gigi Ngilu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.