• Moderator

    Selamat siang dok,,

    Saya mau bertanya masalah gigi anak saya yang ompong di bagian atas depan sekitar 5 gigi lah , apa gigi anak saya bisa tumbuh kembali?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gigi ompong. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pertanyaan saya kembali sebelum menjawab pertanyaan dari anda adalah apakah gigi anak anda yang ompong merupakan gigi susu ataukah gigi tetap?

    Jika masih gigi susu (gigi yang baru pertama kali tumbuh sejak lahir) maka gigi akan tumbuh kembali dan berganti menjadi gigi tetap. Namun jika yang mengalami ompong adalah gigi tetap maka tidak akan tumbuh kembali.

    Gigi susu biasanya akan mulai tanggal dan beralih menjadi gigi tetap sejak usia anak 6 tahun. Gigi akan tanggal satu persatu hingga semua gigi susu berganti menjadi gigi tetap.

    Saat sudah berganti menjadi gigi tetap maka perawatan gigi harus lebih detail karena jika gigi bermasalah maka tidak akan bisa tumbuh kembali gigi yang baru dan harus digantikan dengan gigi palsu.

    Masalah yang paling sering tejadi pada gigi adalah Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis.

    Karies memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi.

    Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya.

    Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Gigi Ompong pada Anak Apakah Bisa Tumbuh Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.