• Assalamualaikum dokter, dok saya pernah menambal gigi . Awalnya gigi saya tidak sakit saat awal ditambal. Tapi lama kelamaan timbul rasa nyeri dan tambalan gigi mulai menipis. Akhirnya saya konsultasi ke dokter gigi di puskesmas, diberi obat penghilang rasa nyeri dan dokter berkata katanya gigi sudah pecah. Ketika saya minta untuk mengangkat sisa tambalan beliau bilang itu hanya bekas makanan,  saya periksa ke dokter selanjutnya dan ternyata sisa tambalan masih ada dan diangkat oleh dokternya. Beliau bilang kenapa gigi kotor tetap di tambal. Yang mau saya tanya bukankah sebelum ditambal ada pembersihan gigi terlebih dahulu setelah pasien mengosok gigi? Terimakasih dok.

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tambalan pada gigi bisa mengalami kerusakan jika pasien tidak melakukan perawatan gigi dengan baik. Selain itu bisa juga karena bahan tambalan yang kurang baik sehingga memudahkannya lepas atau mudah dimasuki oleh makanan yang dikunyah oleh pasien. Pada keluhan yang anda sampaikan dimana ada rasa nyeri di gigi yang ditambal bisa terjadi karena  kebocoran pada tambalan atau karena lubang pada gigi yang makin meluas serta adanya infeksi bakteri yang bergabung di dalamnya.

    Jika sudah terjadi seperti ini, maka langkah pertama bisa diberikan obat antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab dan dapat diberikan obat penghilang nyeri untuk mengatasi keluhan. Jika keluhan sudah hilang, maka baru dilakukan tindakan untuk mengatasi gigi bermasalah misalnya dengan melepas tambalan dan mengganti dengan tambalan yang baru atau jika kerusakan gigi sudah terlalu luas maka bisa dilakukan tindakan pencabutan (ekstraksi) gigi.

    Sebelum dilakukan penambalan memang harus dilakukan tindakan pembersihan gigi yang berlubang. Kotoran dan sisa makanan yang ada di dalam gigi dibuang kemudian dilakukan tindakan sterilisasi dengan bahan – bahan yang ada. Pada beberapa kasus juga dilakukan tindakan perawatan saraf dan pembuluh darah gigi terlebih dahulu. Setelah semuanya baik, barulah dilakukan tindakan penambalan.

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih banyak dokter Dina tri amalia

Beranda Tanya Dokter Mengapa Gigi Tambalan Sakit dan Gusi Bengkak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.