• Dok, saya ingin bertanya. Usia saya sudah 18 tahun tapi masih tumbuh gigi di rahang atas depan posisinya seperti gigi gingsul tapi tumbuhnya tepat dibawah hidung. Dulu pernah periksa ke dokter gigi waktu giginya baru tumbuh, tapi katanya itu bukan gigi melainkan hanya nanah. Namun lama kelamaan giginya tumbuh sekarang, sudah lumayan besar sampai gusi saya robek sedikit dan keluar nanah. Gusi di dekatnya juga berwarna kekuningan kadang disertai rasa sakit. Bagaimana solusinya dok? Apakah bahaya jika giginya dicabut. Kalau dicabut, apakah harus operasi karena posisinya di dalam gusi? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama harus dipastikan gigi mana yang tumbuh tersebut. Biasanya gigi yang tumbuh pada usia dewasa adalah gigi molar 3 (gigi geraham bungsu). Pertumbuhan gigi ini seringkali menimbulkan masalah karena tidak bisa tumbuh dengan sempurna akibat tidak diperolehnya tempat yang cukup untuk gigi ini tumbuh ke permukaan. Jika seperti itu biasanya harus dilakukan tindakan pencabutan gigi. Namun untuk menentukan terapi terbaik bagi kondisi anda perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi terutama dokter gigi spesialis bedah mulut.

    Tindakan pencabutan gigi atau disebut dengan ekstraksi gigi merupakan salah satu terapi yang bisa dilakukan pada gigi berlubang yang tidak bisa dipertahankan lagi atau pada gigi yang mengalami impaksi. Gigi impaksi biasanya terjadi pada gigi geraham bungsu (molar 3) karena kurangnya tempat yang tersedia bagi gigi ini untuk tumbuh sempurna. Jika gigi molar 3 anda memang benar – benar mengalami impaksi maka tindakan terbaik adalah dengan melakukan tindakan pencabutan gigi. Tindakan ini sebenarnya tidak berbahaya. Namun perlu anda sadari bahwa tiap tindakan pasti memiliki kemungkinan risiko yang bisa terjadi. Oleh karena itu untuk meminimalisir risiko perlu dilakukan oleh dokter yang ahli. Silakan konsultasi dengan dokter gigi anda untuk mendapatkan penjelasan lebih detail sesuai dengan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Sakit Gigi yang Mungkin Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menghilangkan Gigi Tumbuh di Rahang Atas Depan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.