• Julia

    <p style=”text-align: left;”>Malam dok. Siklus menstruasi saya lancar dan tidak telat. Tadi pagi saya haid kemudian siang hari saat saya buang air seperti ada gumpalan dok. Berwarna pink dan tidak hancur saat di pegang. Kan kalau darah haid bercampur lendir lendir tersebut bisa hancur saat d pegang.  Ini kok tidak ya dok.  Itu kenapa dok? Terima kasih</p>

    Selamat pagi

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gumpalan darah saat haid. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gumpalan darah yang keluar pada saat haid terkadang memiliki warna dan tekstur yang berbeda. Gumpalan ini bersifat normal jika memiliki tekstur yang tipis dan tidak menggumpal dalam ukuran yang besar. Gumpalan darah yang berwarna pink muda menunjukkan darah yang baru keluar sedangkan gumpalan yang berwarna merah gelap menandakan bahwa darah sudah lama disimpan di dalam rahim dan menunggu untuk segera dikeluarkan. Keluarnya gumpalan saat haid juga termasuk normal jika tidak  disertai rasa sakit pada perut bagian bawah ataupun disertai keluhan lainnya seperti nyeri kepala hebat hingga siklus haid yang tidak teratur. Jika terjadi hal seperti itu maka ada baiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter kandungan.

    Dengan demikian pada kasus yang anda alami dimana gumpalan berwarna pink dan tidak hancur saat dipegang maka hal tersebut termasuk normal. Tidak semua gumpalan darah ini mudah untuk dihancurkan tergantung ukuran jaringan yang dikeluarkan dan lain sebagainya. Jika memang ada keluhan lain yang menyertai  keluhan anda saat ini maka segera periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Perbedaan Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gumpalan Darah Saat Menstruasi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.