• zabeth

    Selamat siang dok. Saya mau bertanya. Tanggal haid saya seharusnya itu tanggal 4. Saya telat hampir seminggu. Saya tidak merasakan gejala2 PMS seperti biasa saya akan haid. Sebelum jadwal haid saya,saya minum pil pelancar haid(maaf saya tidak sebut merk). Seminggu kemudian dr jadwal haid saya,saya ke toilet dan melihat ada bercak cokelat. Hanya bercak. Saya pakai pembalut dan beberapa jam kemudian tetap bercak. Siangnya berhenti,tapi sorenya saya ke toilet dan saya pendarahan. Ada gumpalan darah disitu,2hari seperti itu. Sampai besok saya masih pendarahan. Lusanya saya merasakan kram perut,saya ke toilet saya coba buang air kecil dan keluar seperti daging berbentuk lonjong(tidak lonjong sempurna,saya pikir bentuknya seperti bakal janin) yang tidak hancur disiram air bahkan saya tekan2,ada serat2nya,dan ada seperti ekor berwarna darah dibagian bawah,dan ada seperti titik berbentuk mata. Setelah itu keluar,saya tidak kram perut lagi tapi pendarahan masih berlanjut. DUa hari kemudian pendarahan berhenti. Tetapi besoknya saya pendarahan lagi tapi tidak sebanyak yang sebelumnya. Maaf dok,bisa dijelaskan sebenarnya apa yang saya alami ini? Dan apa solusinya?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluar darah  seperti keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Untuk memastikan darah yang keluar dari kemaluan wanita merupakan akibat keguguran atau tidak, pertama – tama yang harus dipastikan adalah apakah seorang wanita tersebut sedang hamil atau tidak baik dengan pemeriksaan tes pack atau dengan pemeriksaan USG yang jauh lebih akurat.

    Keluarnya darah dari vagina wanita yang sedang hamil juga bukan hanya karena keguguran, bisa juga karena sebab lainnya. Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gumpalan seperti Daging,keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.