• selamat siang dok.. saya ingin bertanya,

    gigi geraham saya (kedua dari belakang) mengalami patah dan sudah hampir habis (makhotanya) sehingga tidak dapat dicabut. dan gusi pada bagian bawah gigi tsb bengkak kecil dan bernanah.

    yang saya ingin tanyakan, apakah bisa saya melakukan operasi gigi  (bius total) untuk mencabut gigi geraham saya dengan keadaan gusi yang seperti ini?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kejadian gigi patah bisa terjadi pada gigi depan maupun gigi belakang. Penyebabnya seringkali karena trauma atau benturan keras yang terjadi. Namun keluhan ini bisa juga dicetuskan karena gigi yang rapuh akibat telah lama berlubang (karies dentis). Gigi yang patah perlu penanganan yang tepat. Penanganan yang dilakukan dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu antara lain lokasi patahan yang terjadi di bagian gigi yang mana, seberapa besar tingkat kepatahan yang terjadi pada gigi tersebut, serta kondisi jaringan saraf dan rongga saraf gigi. Penanganan yang dilakukan pada gigi bertujuan untuk menghilangkan keluhan yang dialami oleh pasien (menghilangkan nyeri yang mengganggu), memperbaiki tampilan gigi, memperbaiki gigi supaya dapat berfungsi seperti sedia kala, serta mengusahakan agar gigi tidak perlu dicabut.

    Namun pada kasus yang anda alami dimana gigi hanya tinggal bagian akar gigi saja maka pengobatan yang paling tepat adalah melakukan tindakan ekstraksi gigi (pencabutan gigi). Meskipun gigi tinggal akarnya saja namun gigi tetap bisa dicabut dengan tindakan anestesi lokal (bius lokal pada gigi dan daerah sekitar gigi yang akan dicabut)  dan tidak perlu dilakukan tindakan ansestesi general (bius total). Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dengan dokter gigi anda untuk mendapatkan penjelasan secara lebih detail mengenai penanganan yang akan anda dapatkan. Jika dokter gigi umum tidak bisa melakukannya maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis bedah mulut (drg. Sp.BM).

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terima kasih untuk jawbannya dok.

Beranda Tanya Dokter Gusi Bernanah dan Luka, Bisakah Operasi Gigi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.