• krisna dewi

    Dok saya mau bertanya, sudah 2 hari saya sakit gigi, kemudian saya bawa ke dokter gigi. Dokter kemudian membuka tambalan gigi saya yang berlubang dan diganti yang baru dan disuruh datang lagi 4 hari kemudian. Sehari setelah periksa kedokter kok gusi saya semakin bengkak ya? Apa penyebabnya? Dan cara mengatasinya. Terima kasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sakit gusi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gusi merupakan salah satu organ dalam rongga mulut yang penting perannya sebagai jaringan penyokong gigi. Gusi yang sehat memiliki warna merah muda, kencang dan dapat menopang gigi dengan kuat.

    Gusi dapat bermasalah biasanya karena menumpuknya plak pada gigi dan melukai gusi yang berada di sekitarnya. Plak merupakan sisa makanan, minuman, dan kotoran pada gigi yang menumpuk dan mengeras sehingga dapat menempel kuat pada gigi.

    Pada plak juga biasanya berkembang bakteri yang mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Gusi yang terinfeksi akan memberikan tanda berupa rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan juga bernanah serta dapat menimbulkan bau tak sedap di dalam rongga mulut.

    Infeksi pada gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sakit pada gusi seperti yang anda alami ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter gigi untuk memastikan sumber permasalahnnya dan menentukan terapi terbaik sehingga keluhan tidak berulang lagi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gusi Semakin Bengkak Setelah di Ganti Penambalan Baru

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.