• Salsajhr

    selamat pagi dok, nenek saya berusia 69th dan sudah menopause, kurang lebih 1 bulan lalu beliau mengalami keputihan yg cukup banyak, kemudian berlanjut dengan adanya campuran darah hingga saat ini sudah seperti darah haid layaknya sedang dalam masa produktif. disuruh periksa beliau tidak mau dengan alasan takut, itu kira2 kenapa ya dok? mohon bantuannya terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan menopause. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Menopause adalah kondisi ketika seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi. Usia awal wanita mengalami menopause rata – rata adalah 51 tahun. Namun menopause bisa terjadi lebih cepat atau lambat karena beberapa faktor tertentu seperti genetik, penyakit, pola hidup atau prosedur medis tertentu.

    Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan sudah berapa lama nenek anda mengalami menopause. Karena jika baru beberapa bulan maka terkadang haid masih bisa datang kembali karena sebenarnya masih dalam keadaan pramenopause.

    Beberapa gejala menopause meliputi:

    • Periode mens yang tidak teratur atau telat mens
    • Darah mens lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya
    • Hot flashes (rasa panas yang dirasakan mendadak dan menyebar di tubuh bagian atas)

    Keputihan sendiri merupakan hal normal yang terjadi setelah mens. Keputihan normal tidak berbau, tidak berwarna (bening) dan juga tidak menimbulkan gatal. Namun jika keputihan sudah bercampur darah maka ada hal – hal yang mendasarinya misalnya adanya infeksi pada organ reproduksi, adanya keganasan dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan keadaan nenek anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter.

    Mengenal Gejala Menopause Pada Wanita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Haid Saat Menopause

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.