• Dok saya ingin bertanya, seminggu belakangan ini saya mengalami mual yang tidak tentu, kadang di pagi hari dan  siang hari tiba tiba bisa mual kembali. Perut juga sedikit kembung, saya coba test pack namun hasilnya negatif. Kira kira ini penyakit apa dok? Terima kasih atas jawabannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual sering dialami oleh beberapa individu baik usia muda maupun tua, laki – laki maupun perempuan. Penyebab keluhan ini sangat banyak sehingga perlu digali informasi lainnya yang dialami pasien seperti bagaimana karakteristik keluhan tersebut, sejak kapan keluhan dirasakan, faktor yang mencetuskan timbulnya keluhan, faktor yang meringankan dan memperberat keluhan hingga gejala yang menyertainya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan mual dan muntah yaitu:

    • Dispepsia atau gangguan lambung yang muncul akibat asam lambung yang meningkat. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, perut kembung, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna seperti gastroenteritis juga bisa menyebabkan keluhan mual dan muntah. Biasanya terdapat keluhan demam, bab mencret dan lain sebagainya.
    • Kehamilan juga bisa menyebabkan keluhan mual terutama di usia awal kehamilan.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Mual – Mual dan Muntah Saat Bangun Tidur

    Penyebab Mual Muntah dan Cara Mengatasinya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mual dan Perut Kembung, Gejala Apakah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.