• Elfi

    Selamat Pagi Dokter..
    Saya wanita umur 37 tahun, saat  mulai menstruasi tanggal 15 Desember 2017, saya sudah menjalani promil hampir satu tahun, Alhamdulillah saat ini lagi hamil.

    Namun ada beberapa hal yang membuat saya khawatir yaitu: Saat USG trans vaginal ya di masukan lewat vagina belum kelihatan kantong kehamilan.

    Dan saya sudah mengalami flek 4 hari dari hari selasa tanggal 23 Januari 2018 hasilnya bahwa menurut dokter hasil hormon HCG saya rendah yaitu 178.1 mIU/mL, hormon progesteron 14.12 Ng/mL, Estradiol 112.60 pg/mL, kemungkinan janin saya tidak berkembang.

    Saya galau sekali saat dokter bilang jika USG satu Minggu lagi masih tidak kelihatan kantongnya akan diberi obat penggugur. Padahal saya sangat mengharapkan kehamilan kedua saya ini, setelah 6 tahun menunggu, mohon petunjuk dokter , terimakasih banyak dokter, salam hormat

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kehamilan tidak berkembang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada kehamilan ada beberapa tanda yang dapat muncul. Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil.

    Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif.

    Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa untuk memastikan seseorang hamil atau tidak harus ditemukannya kantung kehamilan. Jika kantung kehamilan tidak berkembang maka kehamilan dinyatakan gagal.

    Selain itu seiring bertambahnya kehamilan, kantung kehamilan akan terisi oleh janin. Jika hanya terdapat kantung saja namun tak terisi janin juga dinyatakan kehamilan tidak berkembang.

    Pada kasus anda, memang harus dipastikan ulang dengan USG setidaknya 1-2 minggu ke depan. Jika masih tidak ditemukan adanya kantung kehamilan maka anda belum dinyatakan hamil.

    Silakan periksakan ulang dan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda. Anda bisa periksa ke 2 dokter untuk meminta second opinion jika memang anda masih belum puas dengan penjelasan dokter pertama.

    Blighted Ovum (BO) – Tanda-tanda Kehamilan Kosong

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Hamil 6 Minggu Kantong Kehamilan Belum Kelihatan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.