• Fira rahmawati

    Dok saya hamil 8 bulan tetapi perut tidak membesar, besar nya hanya seperti 4 bulan. Jika saya tarik nafas perut saya tidak terlihat hamil. Ketika saya lari atau naik tangga pun tidak terasa sakit sama sekali, tidak merasa ngidam, tetapi ada gerakan dok. Di test pack hasil nya positif. Kalau di raba ukuran nya sampai pusar dok, Ini kenapa ya dok ?

    Terima kasih..

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin. Untuk menentukan usia kehamilan bisa berdasarkan hari pertama haid terakhir atau untuk hasil yang lebih akurat adalah dengan menghitung dari saat pembuahan yang baru bisa diketahui dengan hasil USG. Jika dihitung dari hari pertama haid terakhir maka usia kehamilan akan lebih maju 2 minggu dari usia sebenarnya janin dalam kandungan.

    Usia kehamilan 8 bulan tinggi fundus uteri harusnya sudah di atas pusat. Namun untuk memastikannya silakan anda periksakan diri ke dokter terutama dokter spesialis kandungan untuk melihat apakah tumbuh kembang janin dalam rahim anda sesuai atau tidak.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Akurat, Tanpa USG

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Hamil 8 Bulan Tetapi Tidak Membesar

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.