• Assalamu’alaikum dok. Saya hamil muda sekitar 2-3 minggu sampai minggu 3 keluar cairan putih kekuningan disertai kram perut yang sakit skali dok. Apakah itu pertanda keguguran?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kehamilan merupakan saat yang ditunggu – tunggu pasangan suami istri yang menantikan datangnya momongan. Pada saat mulai hamil maka ada beberapa tanda yang dapat muncul. Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah, keputihan, dan kram perut yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Keputihan sangat wajar terjadi pada kehamilan akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil. Namun keputihan normal yang terjadi biasanya tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menimbulkan rasa gatal ataupun keluhan lainnya. Begitu pula dengan keluhan kram perut yang sering terjadi. Kram perut yang normal pada kehamilan biasanya hanya berlangsung ringan dan tanpa disertai keluarnya darah dari kemaluan. Kram perut terjadi karena rahim yang mulai membesar dan pembuluh darah pada rahim yang melebar (dilatasi). Jika anda sedang hamil saya sarankan untuk memeriksakan kondisi kehamilan anda pada dokter kandungan apalagi jika kehamilan masih sangat muda seperti yang anda alami. Pemeriksaan rutin yang dilakukan berperan untuk mendeteksi apakah tumbuh kembang janin normal atau tidak serta mencegah terjadinya hal – hal yang tak diinginkan.

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Hamil Muda Keluar Cairan Putih Kekuningan dan Kram Perut, Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.