• Selamat siang dok. Saya sedang hamil muda, terakhir haid saya 23 april 2017. Pada tanggal 22 mei saya keluar darah sedikit, saya kira haid dan ternyata cuma sehari.

    Ketika saya cek tespek hasilnya positif. Sejak flek darah itu berhenti sehari,sudah tiga hari ini saya keluar seperti keputihan dok namun warnanya coklat. Tetapi tidak bau dan tidak gatal. Apa itu normal dok ? Bagaimana menurut dokter ? Terimakasih.

    Selamat siang

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya. Keluhan flek yang anda alami dengan adanya hasil pemeriksaan tes pack positif bisa terjadi karena hal normal akibat proses penempelan sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Namun biasanya proses ini hanya berlangsung sebentar yakni sekitar 1 hari saja dan tidak menimbulkan keluhan lainnya serta flek yang keluar hanya sedikit. Jika flek berlangsung lama ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan janin menempel kuat dalam dinding rahim. Sebab gejala awal abortus atau keguguran juga bisa berupa keluarnya flek kecoklatan yang berlangsung terus menerus hingga keluar darah segar beserta jaringan hasil konsepsi. Oleh karena itu pemeriksaan ke dokter tidak perlu menunggu kehamilan 6 minggu untuk memastikan kehamilan anda dalam keadaan sehat dan tak terjadi masalah.

    Untuk penjelasan lebih detail, silakan baca artikel berikut ini:

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Normal Bila Hamil Muda Tapi Ada Flek Coklat seperti Keputihan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.