• Beberapa hari yang lalu saya melakukan tess EEG dan hasilnya ini :
    “EEG saat perekaman ini abnormal, mengindikasikan adanya encephalopathy difus derajat ringan yang bisa berpotensi epileptogenik general. Selama perekaman eeg beberapa kali pasien mengeluh nyeri kepala cekot-cekot terasa berat dan panas serasa di bakar pada seluruh bagian kepala. Pada saat keluhan tersebut didapatkan artefak kontrasi otot terutama di regio frontotemporal kiri.”

    Maksudnya apa ya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hasil elektroensefalografi atau EEG yang menunjukkan adanya encephalopathy difus derajat ringan yang bisa berpotensi epileptogenik general artinya terdapat ensefalopati yang dapat berpotensi menimbulkan serangan epilepsi (kejang). Ensefalopati adalah suatu kelainan akibat adanya kerusakan yang terjadi pada otak. Kerusakan ini bisa bersifat sementara ataupun juga permanen (menetap). Penyebab ensefalopati sangat beraneka ragam dan bisa berkaitan dengan adanya gangguan pada organ lainnya misalnya karena hipertensi, gangguan hati. Namun bisa juga sumbernya langsung pada otak misalnya akibat trauma kepala, hipoksia (kekurangan oksigen) yang terjadi pada otak dan lain sebagainya.

    Gejala yang muncul akibat ensefalopati bisa beranekaragam antara lain kehilangan konsentrasi, penurunan kemampuan daya pikir, kejang, tremor (gemetar), dan bahkan hingga penurunan kesadaran. Untuk mengetahui penyebab ensefalopati perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan penunjang mulai dari pemeriksaan darah, pungsi lumbal, dan sebagainya. Untuk mendapatkan penjelasan detail silakan konsultasi dengan dokter yang menangani secara langsung karena tentu beliau yang lebih tahu kondisi pasien sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Hasil pemeriksaan penunjang ini harus dianalisis secara bersamaan dengan kondisi klinis pasien.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyakit Epilepsi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Maksud dari Hasil Pemeriksaan EEG Akibat Sakit Kepala?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.