• Buyen hehakaya

    assalamualaikum warahmatullahi wabwabarakatu.

    Selamat pagi dok,

    hPHT saya 23maret 2018, siklus haid 25-28hari (amat sangat jarang lbh dari 28hari). Tgl 18 april saya coba tespek (karena sayaa 3 hari merasa mual ), alhamdulillahi hasil nya positif meski samar, saya ulangi lagi tespek dan hasil msh sama muncul dua garis merah mudah samar, sore nya saya ke bidan dan kembali d tespek disana haaionya jg maaih sama, tgl 20 april kembali saya tespek dan hasil masih positif lalu saya berbegas k obgyn, namun saat d usg transvaginal dokter blg baru terdapat penebalan rahim saja blm ada tanda tanda kehamilan, bisa js oenebalan rahim karena akan haid.

    Bukan nya kalo mau haid tespek tidak akan menunjukkan positif dok ?

    Saya disiruh kembali lagi 1-2minggu kemudian namun saya jd galau karema penjelasan dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan tanda kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyebab keluhan telat haid sebenarnya sangat banyak, termasuk karena kehamilan. Untuk kehamilan sendiri ada beberapa tanda yang dapat muncul. Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa..Pemeriksaan dengan tes pack bisa menunjukkan hasil positif juga pada kondisi lain selain kehamilan seperti penyakit reproduksi misalnya mola hidatidosa (hamil anggur) hingga kehamilan diluar kandungan (kehamilan ektopik).

    Saran dokter untuk kembali 2 minggu lagi berguna untuk melihat ada tidaknya bakal janin yang tumbuh dalam kantung kehamilan. Karena jika hal ini tidak ada, maka penyebab hasil positif pada tes pack anda bukan karena kehamilan namun karena kondisi lainnya.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Hasil Tespek Positif, Hamil atau Tidak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.