•  

    Dok saya ingin bertanya sudah lebih dari 2 minggu ini hidung saya berair sebelah kiri saja, kondisinya berair terjadi sesekali apabila saya selesai makan atau terlalu banyak menunduk. Lendir yang dikeluarkan berupa lendir bening dan lengket. Sudah saya coba minum obat pereda flu tetapi tidak membantu. Apakah kondisi ini berbahaya dok?

     

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar cairan dari hidung atau ingus dari hidung yang berwarna bening bisa terjadi karena hal normal sebagai upaya saluran napas untuk membersihkan adanya kotoran yang masuk ke dalam saluran napas atas atau karena masuknya benda asing lainnya. Selain itu jika keluhan keluar cairan ini berlebihan dan kadang juga bisa disertai gejala lainnya seperti sering bersin, mata terasa gatal, kadang juga disertai sakit kepala dan lain sebagainya maka bisa disebabkan oleh karena alergi.

    Pilek alergi atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai rinitis alergi ini bisa dicetuskan oleh berbagai hal misalnya suhu udara yang terlalu dingin atau terlalu panas, debu, bulu binatang, dan masih banyak lagi. Penyebab alergi bisa berbeda antara individu yang satu dengan lainnya. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda benar karena alergi atau karena sebab lainnya maka silakan anda berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail sesuai dengan keluhan yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.  Jika memang benar karena alergi, pengobatan utama dan yang terpenting adalah dengan menghindari faktor alergen tersebut.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Rinitis Alergi – Pilek, Bersin Alergi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Hidung Berair Sebelah Kiri Selama 2 Minggu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.