• Selamat malam dok,

    Saya mau bertanya mengenai gejala yang saya alami selama kurang lebih 2 bulan. Gejalanya adalah hidung tersumbat, jika hidung tersumbatnya sudah parah, bisa mengalami kedua lubang hidung tersumbat dan hidung yang tersumbat akan mengeluarkan cairan seperti ingus tetapi berwarna bening. Kira-kira penyakit apa itu dok dan bagaimana cara pengobatannya ?

    Terima kasih dok atas waktunya dan mohon ditanggapi.

    Selamat malam dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hidung tersumbat biasanya kerap menyertai keluhan pilek atau keluarnya cairan dari dalam rongga hidung. Pilek terjadi karena beberapa sebab antara lain karena alergi, infeksi, polip nasi (pertumbuhan jaringan bertangkai dalam rongga hidung) hingga karena adanya benda asing (corpus alienum) yang terperangkap dalam hidung. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secara detail mengenai keluhan yang anda alami, faktor yang mencetuskan dan meringankan keluhan, gejala lain yang menyertai dan informasi tambahan lainnya yang membantu untuk mencari kemungkinan penyebab keluhan.

    Kebanyakan hidung tersumbat dan pilek terjadi karena rinitis (inflamasi atau peradangan pada rongga hidung). Rinitis bisa terjadi karena alergi misalkan alergi dingin, debu, bulu binatang dan lain sebagainya. Gejala yang muncul pada rinitis alergi antara lain bersing – bersin, hidung bisa tersumbat, keluar cairan (ingus) bening  dari hidung, mata kadang terasa gatal dan berair dan lain sebagainya. Jika ada campur tangan infeksi baik bakteri atau virus biasanya disertai dengan demam. Selain itu, jika karena bakteri maka warna ingus akan berubah menjadi kehijauan.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Rinitis Alergi – Pilek, Bersin Alergi

    Apakah Ini Gejala Sinusitis?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Hidung Tersumbat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.