• Assalamu’alaikum. Dok saya ingin bertanya, selama saya kerja di pabrik kayu saya tidak bisa bernafas sebelah karena hidung saya tersumbat yang sebelah kiri. Semacam flu tapi tidak ada ingusnya. Sudah s4 bulan belum sembuh juga. Saya sudah konsumsi obat tiap hari dan takut malah terjadi apa-apa dengan ginjal. Solusinya bagaimana ya dok agar hidung saya tidak tersumbat lagi?

    Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Penyebab hidung tersumbat banyak sekali sehingga sebenarnya perlu digali informasi secara detail mengenai hal – hal yang berkaitan dengan keluhan ini seperti faktor yang mencetuskan dan meringankan keluhan, gejala yang menyertai ( misalnya demam, bersin – bersin, bau tak sedap yang tercium dari hidung) dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan hidung tersumbat yaitu antara lain:

    • Rinitis atau peradangan pada rongga hidung
    • Polip hidung atau pertumbuhan bertangkai dalam hidung akan menyebabkan hidung tersumbat di salah satu sisi dan tidak berpindah-pindah tergantung lokasi polipnya.
    • Sinusitis atau infeksi pada rongga sinus
    • Adanya deviasi septum (septum atau sekat pembatas antara ronggga kanan dan kiri hidung yang menyimpang)
    • Penyebab lainnya

    Berdasarkan riwayat yang anda sampaikan dimana anda bekerja di pabrik kayu maka bisa jadi keluhan yang anda alami terkait dengan pekerjaan yang anda lakukan. Serbuk – serbuk kayu yang masuk dalam saluran napas dapat menyebabkan peradangan pada mukosa hidung dan dapat menyebabkan hidung tersumbat. Jika hal ini terjadi maka pastikan alat pelindung diri (masker) yang anda gunakan selama bekerja sudah tepat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja anda.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter terutama dokter spesialis THT. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.