• Salam sehat dok, saya seorang wanita yang memiliki masalah dengan tubuh saya. Pasalnya dari mulai tangan, lengan, kaki, betis bahkan jari-jari saya berukuran besar seperti layaknya laki-laki. Saya ingin sekali meminum obat atau pil hormon khusus wanita agar penampilan saya seperti wanita pada umumnya.

    Apakah bahaya dok? Sementara 2 tahun lagi saya berniat untuk menikah, dan ingin segera punya anak. Apakah ada efek sampingnya dok? Dan berapa lama saya boleh mengonsumsi obat tersebut? Bolehkah dokter menganjurkan pil mana yang aman untuk saya minum?

    Terima kasih dokter, salam sejahtera.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Besarnya ukuran tangan, lengan, kaki, betis dan jari – jari anda bisa jadi karena memang faktor genetik (faktor keturunan) sehingga membuat tulang anda berukuran besar. Jika memang sudah terbentuk seperti itu maka tidak bisa lagi dikecilkan atau diubah ukurannya sesuai yang anda mau. Besarnya tulang bukan karena masalah hormon kewanitaan anda yang bermasalah sehingga tidak tepat jika anda mengkonsumsi obat hormonal untuk mengubahnya karena hal ini tidak akan membuahkan hasil dan justru dapat memberi efek samping jangka panjang jika diminum terus menerus.

    Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan obat hormonal yaitu antara lain:

    • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare dan perut kembung.
    • Retensi cairan yang menyebabkan bertambahnya berat badan.
    • Hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
    • Perdarahan atau haid yang tidak teratur.
    • Gangguan kesuburan
    • Kanker
    • Dan lain sebagainya

    Oleh karena itu saya tidak menganjurkan jika anda mengkonsumsinya untuk alasan tersebut karena tidak tepat indikasi.

    Silakan baca artikel berikut:

    Hormon Testosteron : Fungsi, Efek Kekurangan, dan Kelebihan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terima kasih jawabannya dokter,ada lagi permasalahan saya kenapa saya mempunyai minat untuk meminum obat hormon,usia saya 27th tetapi haid saya tidak teratur,dan ini sudah berlangsung sejak 6th sampai sekarang,pernah bahkan sampai 4 bulan saya tidak menstruasi padahal saya rutin olahraga,

    dan juga dok sejak saya berusia 20th di pergelangan kaki saya muncul varises bahkan sekarang bisa dibilang besar banyak sekali dan terlihat tidak wajar,timbul dan apabila saya demam seluruh otot2 varises saya terasa sakit,padahal saya tidak melakukan pekerjaan berat atau kasar,

    karena rasa penasaran saya,saya coba untuk mencari di internet apakah itu bagian dari kekurangan hormon atau sebaliknya,saya juga pernah memeriksakan varises saya agar bisa diobati,ternyata dokter bilang kalo ini tidak bisa diobati,

    saya juga sudah membeli dan mencoba banyak macam obat varises tetapi tidak membuahkan hasil,

    ada juga kulit luar vagina saya kering dan gatal padahal juga setiap buang air kecil saya mengganti pantyliner itu kira2 3-4x dalam sehari, dan saya juga sudah berusaha untik minum air putih yg banyak

    kira-kira apakah hormon tubuh saya normal dokter?apa penyebab dan pengobatan yg tepat untuk saya

    terima kasih dokter atas jawabannya

Beranda Tanya Dokter Perlukah Minum Pil Hormon Agar Terlihat Lebih Feminin?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.