• Dok mau tanya. Apakah penting imunisasi bagi bayi? Selama ini anak saya tidak pernah imunisasi. Cuma satu kali saat lahir, selebihnya tidak pernah. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Imunisasi merupakan salah satu cara untuk melindungi kesehatan seseorang terutama bayi dan anak – anak. Hal ini mengingat bayi dan anak memiliki sistem imun yang belum berkembang sepenuhnya sehingga lebih rentan untuk terserang penyakit. Jika seseorang anak tidak menerima vaksin maka kemungkinan untuk mendapat penyakit yang terlindungi dari vaksin tersebut menjadi lebih besar dan jika terinfeksi maka kemungkinan untuk mengalami kondisi yang lebih berat sangat mungkin terjadi. Contohnya saja anak yang tidak mendapat vaksin campak maka akan beresiko terinfeksi campak di kemudian hari dan berpeluang lebih besar mengalami komplikasi yang berat dari penyakit tersebut.

    Ada banyak vaksin yang bisa diberikan untuk bayi dan anak. Imunisasi atau vaksin ini dibedakan menjadi imunisasi wajib dan anjuran. Imunisasi wajib contohnya BCG, polio, campak, hepatitis B dan DPT. Sedangkan imunisasi anjuran contohnya MMR, HiB, tipus, hepatitis A dan lain sebagainya. Sebenarnya baik imunisasi wajib dan anjuran sama pentingnya. Namun dikatakan imunisasi wajib karena sebenarnya imunisasi disubsidi oleh pemerintah sehingga sebenarnya tidak ada halangan dari segi biaya untuk mendapatkan vaksin ini.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    Jadwal Imunisasi Terbaru

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penting Imunisasi Bagi Bayi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.