• Selamat siang dokter.

    Saya ingin bertanya mengenai imunisasi. Bulan lalu anak saya sudah imunisasi campak ulangan yang ke 2, kebetulan campak ulangannya telat. Bulan ini lagi kampanye MR. Amankah jika bulan ini anak saya mendapatkan imunisasi MR dokter jika berselang 1 bulan? Terimakasih.

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Vaksinasi berperan penting untuk mencegah agar tidak terserang bibit penyakit dan mencegah perkembangan mikroorganisme tersebut menjadi lebih parah yang dapat menyebabkan dampak fatal bagi pasien berupa kematian. Salah satu vaksin atau imunisasi wajib adalah imunisasi campak dan rubela yang sedang digaungkan pemerintah saat ini atau dikenal dengan vaksin MR. Vaksin MR merupakan kombinasi vaksin Campak atau Measles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella. Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama kampanye imunisasi MR. Selanjutnya, imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD/sederajat menggantikan imunisasi Campak.

    Pada anak yang telah mendapatkan vaksin campak perlu untuk tetap mendapatkan vaksin MR dengan tujuan untuk mendapat kekebalan terhadap Rubella. Imunisasi MR aman bagi anak yang telah mendapat 2 dosis imunisasi Campak. Begitu pula pada anak yang belum mendapat vaksin campak maka sangat penting untuk mendapatkan vaksin MR. Tidak perlu menunggu pemberian vaksin campak yang pertama, pada prinsipnya jika anak sudah masuk usia 9 bulan maka berilah vaksinasi MR ini sesuai dengan apa yang dicanangkan pemerintah. Begitu pula pada anak yang telah mendapatkan vaksin MMR, pemberian vaksin MR aman diberikan kepada anak yang sudah mendapat vaksin MMR. Oleh karena itu tak perlu bingung dan khawatir, silakan beri anak anda vaksin MR di fasilitas kesehatan di kota anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Imunisasi Campak : Jadwal, Manfaat, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Amankah Imunisasi MR Setelah Imunisasi Campak Berselang 1 Bulan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.