• ibu.susanti

    Slamat siang dokter…

    Nama saya : ibu santy

    Sudah menikah dan memiliki 2 org anak.yg ingin saya tanyakan itu..

    Bulan oktober 2017 saya telah dilakukan operasi payudara karena abses. sebelumnya payudara saya sudah meletus mengeluarkan nanah dan sakit bukan main. makanya saya ke dokter untuk konsultasi dan ternyata harus dioperasi juga.

    Setelah 4 bulan lebih pasca operasi tiba2 sudah 2 hari ini payudara saya kembali sakit dan bekas jaitan operasi itu bila saya pencet mengeluarkan nanah lagi dan bila diraba sakit seperti ada benjolan keras di dalamnya.

    Apa yang harus saya lalukan dokter. apa saya harus dioperasi lg untuk bersihin nanahnya lagi atau ada cara lain ya dok. trims sebelumnya…

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang infeksi pada payudara. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Infeksi pada kelenjar payudara biasa disebut mastitis. Gejala yang dialami berupa rasa nyeri pada payudara, kemerahan, bengkak dan bisa keluar nanah. Jika tidak ditangani dengan baik maka nanah akan menumpuk dan tertimbun di payudara. Keadaan ini disebut juga dengan abses payudara dan merupakan salah satu dari komplikasi mastitis.

    Gejala abses payudara berupa demam, benjolan terasa panas, nyeri dan kemerahan. Untuk memastikan diagnosis abses payudara perlu pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Jika dengan pemeriksaan fisik masih belum tegak diagnosisnya maka perlu pemeriksaan USG payudara. Untuk mengobati abses payudara, selain dengan pemberian obat antibiotik, juga perlu tindakan untuk mengeluarkan  cairan nanah  yang menumpuk yakni dengan cara menusukkan jarum suntik pada benjolan yang dipandu dengan USG. Selain itu bisa juga dengan membuat sayatan untuk mengeluarkan nanah dari dalam abses (insisi dan drainase).

    Silakan konsultasi langsung dengan dokter anda untuk mendapatkan penanganan terbaik sesuai kondisi anda saat ini.

    Penyebab Payudara Sakit dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Infeksi Payudara Kambuh Kembali

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.