• Ass.

    Selamat pagi dok. Maaf menyita waktunya ya dok. Dok aku mau nanya tentang sakit yang aku rasakan selama hampir 4 hari belakangan ini dok.

    Jadi gini dok. Awalnya pilek biasa, dan aku tidak mengkonsumsi obat karena aku pikir hanya pilek ringan jadi aku hanya mengurangi minum es2. Akhirnya ilang dok pilek itu hanya beberapa hari. Tapi tiba-tiba hidung aku kaya pilek lagi dan kali ini agak tersumbat. Terus sekarang ditambah sakit pada kepala juga dok, dan berasa banget kalau sakit kepalanya ini bersumber Dari hidung tersumbat itu dok. Terus sakitnya itu ada di bagian hidung yang tengah-tengah mata dok. Apa itu bisa dibilang sakit sinusitis dok? makasih dok.

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan pilek dan sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang bisa dialami oleh tiap orang. Kedua keluhan ini biasanya saling terkait karena ingus yang diproduksi selama pilek yang menumpuk di rongga hidung dan menyumbat akan mengakibatkan tekanan dalam kepala meningkat sehingga terjadilah sakit kepala. Infeksi pada rongga hidung (rinitis) biasanya memberikan gejala pilek, demam, hingga bersin – bersin. Jika ingus terperangkap dalam rongga sinus dan mengakibatkan infeksi maka terjadilah sinusitis.

    Gejala sinusitis antara lain: nyeri pada wajah (misalnya: dahi, bagian bawah mata, area di antara dua mata, sekitar alis, ataupun area sekitar pipi); keluhan hidung tersumbat; keluar sekret/ cairan/ ingus pada hidung ( sekret bisa berwarna putih hingga kuning kehijauan), berkurangnya penciuman, demam, susah bernafas, lemas, dan lain sebagainya. Keluhan yang anda alami kemungkinan memang disebabkan karena sinusitis. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsug oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang (misalnya foto rontgen waters). Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Pilek, Hidung Tersumbat dan Sakit Kepala Dekat Hidung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.