• Intan may

    Dok, saya sudah mengalami penyakit sinusitis dari umur 18tahun. Saat saya mengalami sinusitis itu selalu ingus bercampur dengan darah tetapi didalam hidung, jadi darah itu bisa keluarkan saat saya bersin saja padahal itu sangat menggangu saya dengan bau darah yang sangat amis. Sebenarnya sinusitis saya sudah termasuk dalam katagori seperti apa?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gejala sinusitis. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Informasi tentang sinusitis sebenarnya sudah banyak dijelaskan dalam forum ini. Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus. Sinusitis terbagi dua yakni sinusitis akut (gejala muncul kurang dari 4 minggu) dan sinusitis kronik (gejala muncul lebih dari 12 minggu). Gejala sinusitis secara umum antara lain sebagai berikut:

    • Nyeri pada area wajah yang terkena (misalnya: dahi, bagian bawah mata, area di antara dua mata,sekitar alis, ataupun area sekitar pipi)
    • Rasa tersumbat pada hidung
    • Keluar sekretingus pada hidung ( sekret bisa berwarna putih hingga kuning kehijauan)
    • Penciuman berkurang
    • Gejala lain yang bisa muncul antara lain: demam, susah bernafas, lemas, dan sakit gigi.

    Selain berdasarkan gejala di atas, untuk menegakkan diagnosis sinusitis juga perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen waters untuk melihat adanya cairan yang terperangkap dalam rongga sinus.

    Sinusitis yang anda alami termasuk sinusitis kronik eksaserbasi akut karena telah berlangsung lebih dari 12 minggu namun kambuh kembali. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri.

    Silakan baca artikel berikut:

    9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ingus Sinusitis Bercampur Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.