• mnz

    Hi Dok, saya Pria 31 Tahun. Awalnya saya meriang dan mual serta mencret 5-7 x sehari, kemudian saya ke dokter dan diberi obat. Setelah saya minum obat, sekarang saya malah gak bisa Bab,  perut terasa kembung, meriang dan lidah terasa tawar. mohon solusi dan petunjuknya. Terima Kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan susah BAB. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gangguan buang air besar sering kali dialami oleh beberapa individu, salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. Penyebab keluhan ini bisa terjadi karena banyak hal antara lain karena:

    • Kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon. Hal ini menjadi salah satu penyebab susah BAB.
    • Kurangnya asupan cairan juga dapat membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar.
    • Makanan yang kurang mengandung serat menyebabkan tinja makin keras dan peristaltik usus kurang baik.
    • Asupan makan yang kurang
    • Aktivitas fisik sedikit.
    • Kebiasaan minum obat pencahar yang berlebihan malah akan mengganggu peristaltik usus.
    • Minum obat penghambat diare
    • Penyebab lainnya

    Pada kasus yang anda alami riwayat minum obat penghambat diare bisa menjadi kemungkinan penyebab. Namun efeknya akan menghilang berangsur – angsur seiring membaiknya gangguan di saluran cerna anda. Ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat seperti sayur dan buah – buahan (misal pepaya, dll), perbanyak konsumsi air putih.

    Untuk perut kembung, meriang, lidah hambar biasanya memang mengiringi keluhan diare atau gangguan cerna lainnya. Biasanya terkait proses infeksi yang terjadi. Jika infeksi berhasil diatasi maka keluhan anda akan menghilang. Dalam forum ini saya tidak bisa memberikan pengobatan tertentu pada anda karena perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. http://mediskus.com/tips/cara-mengatasi-sembelit
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Jadi Susah BAB Setelah Minum Obat Mencret

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.