• Pagi dok. Umur saya 28 tahun. Pada Januari 2017 saya melahirkan anak pertama. Lalu pada bulan Maret saya kb 3 bulan. Dalam masa kb saya menstruasi dan merasa tidak cocok. Saya seharusnya dijadwalkan kb lagi tanggal 1 Juni, tapi saya tidak suntik lagi. Setelah berhenti kb saya mens 10 juli tapi hanya flek dan hanya berlangsung 1-2 hari. Lalu tanggal 23 zJuli saya mens lagi 5 hari dan intesitas mensnya normal. Lalu pada tanggal 5 Agustus saya juga mens lagi. Apakah itu normal dok? Mohon jawabannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama untuk penggunaan KB hormonal. Yang termasuk KB hormonal sendiri ada beberapa jenis antara lain pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, serta implan. Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan suntik KB 3 bulan yaitu antara lain:

    • Menyebabkan perdarahan yang tidak teratur
    • Nafsu makan dan berat badan bertambah
    • Jerawat
    • Rambut rontok hingga kebotakan
    • Keputihan
    • Menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Keluhan yang anda alami memang kemungkinan besar terjadi akibat penyuntikan KB 3 bulan. Biasanya efek samping KB suntik 3 bulan akan hilang setelah beberapa bulan (rata – rata maksimal 6 bulan) setelah dihentikannya penggunaan KB tersebut. Namun jika keluhan masih terus berlanjut maka alangkah baiknya anda memeriksakan kondisi anda

    Silakan baca artikel berikut:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jadwal Menstruasi Tidak Teratur Setelah Berhenti Kb Suntik, Normalkah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.