• Saya sedang hamil anak ke 4, di usia 7 minggu terdapat flek coklat sampai usia 9 minggu. Tapi flek keluar saat kondisi capek/lelah dan  terlalu banyak.

    Saat 9 minggu di USG, ternyata hanya terlihat kantung janin dan janin belum terlihat jelas, Dan dokter evaluasi 2 minggu lagi. saya khawatir adakah indikasi BO, Ini yang membuat saya panik.Flek tidak keluar jika saya banyak berbaring/istirahat.

    Dok, memang kehamilan sebelumnya selalu disertai flek atau pendaharan setelah memasuki trimester 3 baru berhenti.

    Mohon saya diberi penjelasan, karena saya khawatir terjadi BO. Terima kasih sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang flek saat kehamilan 9 minggu dan juga janin yang belum terlihat. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Keluar flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya.

    Keluhan flek yang anda alami saat kehamilan muda terjadi karena banyak hal. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Flek sering terjadi pada wanita akibat perubahan kadar hormonal yang terjadi pada saat stress psikis, menjalani aktivitas fisik yang berat, kurangnya istirahat hingga gejala pramenopause.
    2. Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina
    3. Akibat berhubungan saat kehamilan.
    4. Tanda awal keguguran (abortus)
    5. Penyebab lainnya

    Pada kasus yang anda alami dimana flek terjadi saat kelelahan memang kerap kali terjadi. Namun sebenarnya hal ini bisa dihindari selama anda menjaga aktivitas anda agar tidak terlalu padat dan kelelahan. Karena jika anda tidak istirahat, kandungan yang masih sangat muda ini rentan mengalami keguguran.

    Janin biasanya akan terlihat dalam kantung kehamilan pada usia kehamilan 6 minggu. Namun pada beberapa kasus bisa juga baru nampak di usia kehamilan 8 – 12 minggu.

    Oleh karena itu untuk usia kehamilan anda saat ini yakni 9 minggu sebenarnya masih hal yang wajar jika belum terlihat. Hal inilah yang menyebabkan dokter menyarankan anda untuk kontrol ulang 2 minggu kemudian untuk memastikan bahwa pada saat itu janin sudah terlihat sehingga kemungkinan blighted ovum bisa disingkirkan.

    Untuk saat ini ada baiknya anda melakukan bed rest, menjaga kualitas asupan makanan, dan merilekskan pikiran dan kemudian pastikan anda kontrol ke dokter tepat waktu yang disarankan.

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Janin di Usia 9 Minggu Belum Terlihat,dan Disertai Flek Coklat.

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.